Sabtu, 06 Oktober 2012

Acara kick andy

Rangkuman analisis dari acara kick andy  tentang menerapkan sikap kejujuran di dalam masyarakat

Mengatasi korupsi dengan memberikan tinjauan kepada anak ¬– anak di sekolah dengan memberikan motivasi dam pengarahan dengan nilai – nilai kejujuran . Karena nilai kejujuran dapat diajarkan kepada anak sejak usia dini ,apalagi di dalam bangku sekolah. Contoh nya dengan membuka warung kejujuran ,dapat melatih kejujuran untuk para siswa di sekolah dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari –hari.
Walaupun tidak sepenuhnya berhasil dalam mendidik anak – anak dalam menerapkan kejujuran melalui warung kejujuran . Tapi emang mempelajari kejujuran butuh waktu yang tidak singkat.Tapi pihak sekolah masih tetap mendirikan warung tersebut karena semangat dari para guru. Walaupun tidak sepenuhnya didukung oleh pemerintah setempat . Dalam menyelenggarakan hal tersebut.
Selain itu juga ada telepon kejujuran dan ular tangga anti korupsi  permainan ular tangga anti korupsi bisa mengajarkan anak –anak agar tidak melakukan tindakan korupsi dikemudian hari dan selalu menerapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari – hari ,dilingkungan masyarakat maupun dikemudian kelak dia akan menjadi seorang pemimpin.
Pesan moral dalam kasus ini adalah memberi pembelajaran kepada murid maupun orang tua agar para orang tua bisa mengajarkan kepada anak – anak mereka, agar bisa mengenalkan kepada mereka dari sekarang tentang nilai – nilai kejujuran . Dan harapan para pendidik adalah agar semua guru –guru dapat mendukung gerakan anti korupsi ,
Hal ini memacu seorang warga masyarakat membuat sebuah warung bensin kejujuran . Karena bagi dia mengajarkan seseorang tentang sikap jujur belum terlambat selama orang tersebut mau melakukannya . Menurut saya warga tersebut sangatlah mengutamakan sikap kejujran dalam kehidupannya walaupun banyak orang sekitarnya yang merugikannya.

Dan juga memacu salah satu siswa smp sebut saja bernama fahma . Dia terinspirasi kepada anti korupsi .dengan membuat game yang berhubungan dengan korupsi , Menurut saya fahma adalah salah satu contoh anak bangsa , yang bisa kita banggakan karena bisa memacu serta memotivasi kita agar selalu menerapkan sikap jujur , Dimana pun kita berada. Dan dia juga bisa membanggakan kedua orang sekitarnya karena prestasi yang dia miliki.
Dari kasus – kasus diatas saya dapat menyimpulkan bahwa mengajarkan anak – anak di usia dini tentang menerapkan sikap kejujuran apalagi anak tersebut sedang duduk di bangku sekolah sangatlah penting. Karena mereka adalah tunas – tunas bangsa yang kemudian kelak akan memimpin negara ini .
Tapi hal ini tidak lepas dari peran orang tua serta guru yang bisa memberi contoh untuk anak –anak dengan cara berusaha memberikan etika yang baik kepada anak –anak .Agar dikemudian kelak mereka tidak menjadi orang yang memiliki jiwa yang curang dan memacu mereka untuk menjadi korupsi . Jadi hal ini harus kita atasi mulai dari sekarang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar